1234

Sabtu, 20 Oktober 2012

STRATEGI BISNIS YANG SUKSES

STRATEGI BISNIS YANG SUKSES


[1] Suka karena murahnya. Nah, ini dia kunci bisnis di Indonesia. Murah bukan  berarti  murahan dan tidak berkualitas, akan tetapi produk yang kita  jual sama kualitasnya tapi sedikit lebih murah dari pada para pedagang lain 
misalnya anda jualan pulsa, kalo di tempat laen menjual selisih Rp. 500 atau Rp. 1000 saja, maka orang akan berbondong-bondong bertransaksi di tempat anda, karena  jika selisih Rp.1000 saja, pembeli beli tiga  nomor untuk keluarganya berarti selisih Rp.3000.

[2] Suka karena kualitas barang yang dijual standar. Ini penting. Jangan menjual barang yang kualitasnya terlalu jauh di bawah standar. Misalnya anda jualan pulsa, maka transaksi yang dilakukan harus cepat dan tepat, Masyarakat bisa mengenal barang baik dan buruk. kalau transaksi anda terlalu lama,  maka sudah bisa dipastikan  server  yang anda  miliki  tidak berkualitas dan  lambat  laun produk  anda  akan di tinggalkan para pembeli.


[3] Suka karena pelayanan yang ramah dan santun. Ini juga sangat penting. Kita harus bisa “merebut hati konsumen”, meskipun mereka tidak jadi membeli barang kita. dan  biasakan untuk  mengatakan  kepada  para  pembeli  yang  beli  di  toko  anda,  bahwa  produk  yang anda  jual  bergaransi  100% apabila tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Misalnya mereka  membeli aksesoris HP ( batu HP) di  toko anda, maka anda  harus  mengatakan "barang  ini akan saya  garansi 3 hari, apabila tidak berfungsi uang  anda  akan kembali 100%". begitu pula dengan produk-produk yang lainnya.

[4] Suka karena lokasi mudah dijangkau. Lokasi yang dekat dengan konsumen, tidak membuat orang kesulitan datang, itu lebih berpeluang dituju pembeli. Pembeli dimanapun ingin solusi instan (cepat). Maka jangan dibuat lebih rumit. (Disini ada sisi kelebihan toko biasa dibandingkan supermarket. Di supermarket ada kasir, bon, dan birokrasi yang membuat orang malas kesana. Ini harus dimanfaatkan. Contohnya Toko saya yang siapapun  bisa  menjangkau dan bertransaksi  dengan cepat karena  letaknya  yang strategis dan tidak  banyak sistem transaksi  yang berbeli-belit.

[5] Suka karena tempatnya bersih, rapi, barang-barang ditata secara elok. Daripada membeli di sebuah warung yang bentuknya seperti “sarang tikus”, lebih baik membeli di supermarket yang barangnya diatur sangat rapi (bahkan ruangan dibuat wangi lagi). Maka, jagalah kebersihan tempat usaha Anda.

[6] Suka karena fasilitas memadai. Misalnya, ada lahan parkir yang cukup, ada tempat sampah, ada satu dua kursi tempat duduk di depan Toko.  Misalnya di  Toko saya  ada pembayaran  on-line seperti Listrik, telephone, speedy  dll, "apabila melakukan pengecekan tagihan saja,  maka di gratiskan !". Ini namanya fasilitas tambahan. Kelihatannya sepele, padahal bisa menjadi nilai tambah berharga untuk menarik pelanggan menyerbu  Toko anda.

[7] Suka karena banyak pilihan. Semakin beragam barang yang dijual, orang semakin senang. Sebab mereka bisa memilih sesuai pilihan dan kemampuan. Seperti  Toko saya yang di beri  tema :
"Melayani : Agen Pulsa, Cetak Foto, Printing, scanning, Foto copy warna, Penjilidan, Laminating, pembayaran on-line, convert/transfer cd/dvd/falshdisk ATK, aksesories HP, makanan, minumam, DLL


[8] Suka karena konsep interior yang menarik. Sebagian orang menyukai toko/gerai/warung yang peduli dengan estetika (keindahan). Semakin bagus konsep estetika-nya, insya Allah semakin baik. Tetapi juga jangan terkesan mewah, rumit, komplek; nanti orang malah takut datang kesana, karena dianggap terlalu wah. Jadi, tampilan estetik itu bisa diatur dengan biaya rendah, konsep simple, tapi efek maksimal. sedangkan ditoko saya., selalu memajangi  foto-foto yang  bagus  dan menarik hasil  dari editan  dan  cetakan di  toko  saya.

[9] Suka karena penampilan pedagangnya rapi dan bersih. Barangnya bisa sama, harganya bisa sama, tetapi kalau penampilan penjualnya berbeda, konsumen lebih suka memilih penjual yang “sedap di pandang”. Misalnya, Pakailah farfum di sekucur tumbuh anda sehingga semerbak mewangi seluruh Toko anda,  atau kalau perlu  sekalian jualan minyak  wangi  supaya terkesan wangi  yang menggairahkan.
[10] Suka karena Allah menolong perdagangan Anda. Caranya, banyak-banyaklah istighfar kepada Allah. Istighfar ini akan membuka pintu-pintu pertolongan Allah.  Selagi tidak bicara dengan orang, terus istighfar, insya Allah hal ini akan membuat hati manusia cenderung kepada usaha Anda. Dan jangan lupa untuk menginfakkan dan mensedekahkan  fee - nya/keuntungannya supaya berkah dunia akhirat. 
Amin.

Dalam praktiknya, Silahkan anda aplikasikan sekemampuan anda, dan bisa anda  kembangkan lagi  ke arah  yang lebih  positif  lagi. 

INILAH GAMBAR FOTO TOKO SAYA YANG DI BERINAMA TOKO OPIK.


JIKA SOBAT INGIN MEMBELI BUNGA + DIANTAR SAMPAI TUJUAN
silakan klik link di bawah ini !!!
http://toko-bunga-cikini-florist.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan !